Sabtu, 31 Juli 2010

Keberadaan Pesut Mahakam

Bagi masyarakat Kalimantan Timur mungkin sudah tidak asing lagi dengan foto disamping ini..di kalimantan terdapat sebuah sungai yaitu Sungai Mahakam..dimana terdapat seekor ikan yang khas ataupun unik..yaitu Pesut Mahakam..sebenarnya pesut sama dengan halnya Paus maupun Lumba-lumba seekor mamalia..

hanya saja Mamalia yang satu ini berhabitat di sungai-sungai daerah tropis..dan pesut mahakam ini juga dinobatkan sebagai maskot untuk kota samarinda..bahkan Persatuan Sepakbola Samarinda pun menggunakan Pesut Mahakam tersebut sebagai lambang...

Sungguh menarik memang bila bercerita tentang pesut mahakam..Dahulu Pesut Mahakam banyak ditemukan di muara-muara hulu sungai mahakam..tetapi sekarang Pesut merupakan satwa langka, kecuali disungai mahakam,ditempat ini habitat Pesut Mahakam dapat dijumpai
ratusan kilometer dari lautan yakni diwilayah kecamatan Kota Bangun,Kutai Kartanegara dan pedalaman di sekitar sungai mahakam..

Pesut bergerak dalam kawanan kecil..walaupun pandanganya tidak begitu tajam tapi dalam kenyataanya bawasanya Pesut Mahakam hidup didalam air yang mengandung lumpur (Sungai Mahakam), namun pesut merupakan pakar dalam mendeteksi dan menghindari rintangan-rintangan..barngkali mereka menggunakan ultrasonik untuk melakukan lokasi gema seperti yang dilakukan oleh Ikan Paus dan Lumba-lumba..

Populasi Pesut Mahakam sekarang ini terus menyusut akibat habitatnya terganggu, terutama makin sibuknya lalu lintas air di perairan Sungai Mahakam,serta tingginya tingkat erosi..dan terbatasnya bahan makanan bagi hewan ini seperti udang dan ikan tawar yang merupakan makanan utama mereka dikarenakan harus bersaing oleh nelayan..

Semoga catatan saya ini memberikan sebuah pesan yang positive bagi kita semua..untuk melestarikan satwa" langka..dan saya sebagai putra asli kalimantan mengharapkan yang terbaik buat kelestarian lingkungan serta satwa yang berada di kalimantan khususnya..terimakasih..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar